Solusi Tidak Bisa Screenshot/Printscreen Pada PC

Solusi Tidak Bisa Screenshot/Printscreen Pada PC
Mengambil cuplikan gambar / screenshot layar komputer atau laptop dapat dilakukan dengan cara yang mudah, tapi pada beberapa kasus hal ini bisa saja menjadi sulit karena adanya faktor lain yang menyebabkan tombol print screen tidak berfungsi atau berasal dari faktor lain pada komputer bersangkutan.

Komputer lain berfungsi tapi pada laptop kamu print screen tidak berfungsi dan tidak dapat melakukan screen shot layar ? Mari kita selesaikan dengan beberapa solusi yang bisa menyelesaikan masalah tersebut.

Namun, sebelum itu sebaiknya Anda melakukan hal berikut terlebih dahulu:

Jika menekan tombol printScreen (prt sc) saja tidak dapat mengambil gambar, cobalah dengan menekan Fn+PrintScreen atau Alt+PrintScreen atau FN+Alt+PrintScreen. Cobalah langkah tersebut, pastikan kamu mencobanya satu persatu dan coba untuk tempelkan di aplikasi Paint sebagai contoh. Jika cara ini masih belum menyelesaikan masalah, cobalah solusi-solusi berikut:

1. Install aplikasi Lighshot

biasanya setiap komputer baru terdapat aplikasi ini, namun pada beberapa komputer aplikasi ini tidak di temukan. biasa nya hal ini terjadi setelah komputer di install ulang. ciri-ciri tidak adanya aplikasi lighshot ini ketika anda menekan tombol PRT SC maka tidak ada perintah screen shot.

jika benar demikian hal yang perlu anda lakukan adalah menginstall aplikasi lighshot. setelah berhasil ter-install aplikasi ini akan secara otomatis bekerja ketika anda menekan tombol printscreen

Download aplikasi lighshot-nya disini

2. Update Driver

Masih belum berfungsi ? Cobalah untuk memperbarui  driver keyboard yang digunakan, biasanya driver ini disediakan di dalam disc kecil ketika membeli baru. Jika driver tidak ditemukan pada disk tersebut, cobalah  Anda cari di internet dan pastikan sesuai dengan keyboard yang digunakan.

3. keyboard rusak

jika hal diatas telah anda coba namun hasil yang anda dapatkan adalah fail tidak barhasil. kemungkinan terakhir yang bisa kamu cek adalah tombol keyboard kamu.

Tidak perlu membeli keyboard baru, kamu bisa meminjam keyboard teman untuk mencobanya. Jika berhasil, artinya ada masalah dengan keyboard yang kamu gunakan.

itulah cara atasi komputer maupun laptop yang tidak bisa melakukan printScreen. sampai disini tips yang bisa saya sampaikan. semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Solusi Tidak Bisa Screenshot/Printscreen Pada PC"

Post a Comment