Cara Setting dan Menggunakan VPN Bawaan HP Android

Bagi kalian yang sudah akrab dengan dunia digital mungkin paham tentang apa itu VPN serta cara setting VPN bawaan di smartphone Android kalian. Tapi untuk kalian yang belum tau apa itu VPN, maka saya akan coba jelaskan sedikit.


Virtual Private Network atau biasa kita singkat VPN adalah sebuah teknologi komunikasi yang menggunakan koneksi pribadi (private) yang dapat terhubung ke sebuah jaringan publik.

Dengan menggunakan VPN, kamu seakan-akan membuat jaringan di dalam sebuah jaringan, atau yang biasa disebut dengan tunnel (terowongan). Dan dengan itulah kamu tetap bisa mengakses jaringan publik.

Hebatnya lagi, jaringan yang terbentuk oleh VPN bersifat pribadi, artinya jaringan yang di mana tidak semua orang dapat mengaksesnya. Bahkan, data yang dikirim oleh jaringan VPN akan terenskripsi secara otomatis sehingga lalu lintas jaringan tetap menjadi rahasia meskipun kamu mengaksesnya melalui jaringan publik.


Cara Setting dan Menghubungkan VPN di Android


Dalam penggunaanya, VPN pastinya menggunakan salah satu dari empat protokol teknologi jaringan yang akan membantu kinerja VPN untuk memproses otentikasi, dan protokol tersebut adalah :


  1. IPsec (IP security)
  2. SSL (Secure Sockets Layer) dan TLS (Transport Layer Security)
  3. PPTP (Point-To-Point Tunneling Protocol)
  4. L2TP (Layer 2 Tunneling Protocol)

Untuk penjelasan yang lebih detil mengenai vpn kamu dapat mencari tahunnya digoogle.

Internet Gratis Dengan VPN

Apakah bisa internetan gratis pake VPN ?Jawabannya adalah bisa, itupun selama celah atau bug operator yang tersedia masih belum diperbaiki.

Operator seluler biasanya menggunakan port tertentu untuk billing dan perhitungan data yang terkapai oleh user. Nah celah inilah yang dimanfaatkan.

Singkatnya dengan menghubungkan akses port tertentu ke VPN server, dan Selagi port yang dihubungkan tidak melewati perhitungan billing maka data yang keluar masuk tidak dihitung oleh operator dan hal itulah yang menjadikan akses internet gratis.

Tidak hanya sebatas imternet gratis, VPN juga bisa kamu gunakan untuk mengakses situs-situs yang diblokir pemerintah serta internet positif.

Cara Setting VPN di Android


Setelah sedikit tahu tentang apa itu VPN?, sekarang masuk ke topik utama yaitu cara setting VPN di Hp Android tanpa perlu menginstall aplikasi tambahan yang hanya bikin memory ponsel kamu berkurang.

Bagaimana cara seeting VPN bawaan hp Android? Oke, silahkan ikuti langkah demi langkahnya agar vpn android kamu dapat terkoneksi dengan benar.

Step 1 - Buka menu Setting pada HP Android

Step 2 - Pilih VPN yang ada di daftar menu setting

Step 3 - Disana akan ada Airplane mode, Default SMS app, Terthering, VPN, Cellular Network, dan lain-lain menyesuaikan dengan ponsel yang teman-teman gunakan. Pilih menu VPN untuk masuk langkah selanjutnya.

Step 4 - Jika kalian belum pernah mengaturnya, maka hanya akan menjumpai halaman kosong di tahap ini. Pilih 3 titik yang ada di pojok kanan atas.

Selanjutnya akan tampil beberapa pilihan, kamu pilih saja "Add VPN Profile" untuk menambahkan pengaturan VPN ke Android.

Step 5 - Selanjutnya isi form yang ada dengan data seperti dibawah ini :

  • Name : VPNGratis
  • Type : PPTP
  • Server Address : us1.vpnbook.com
  • Nama : ............
  • Password : ............

Untuk mendapatkan VPN Server Address lainnya seperti :
euro217.vpnbook.com ( Europe )
euro214.vpnbook.com ( Europe )
us1.vpnbook.com ( US ) 
us2.vpnbook.com ( US ) 
ca1.vpnbook.com ( Canada ) 
de233.vpnbook.com ( Gemarny ) 

Kamu dapat mencarinya di situsnya langsung yaitu http://vpnbook.com


Pengaturan ini bisa teman-teman sesuaikan dengan layanan VPN yang digunakan. Berhubung disini kita sedang belajar cara menggunakan vpn, maka saya sediakan layanan vpn gratis yang disediakan oleh vpnbook

Step 6 - Tap tombol Save untuk menyimpan konfigurasi jika sudah terisi.

Pada tahap ini kita sudah selesai untuk urusan setting VPN. Selanjutnya adalah mengetes hasil dari pada racikan yang telah kamu buat. Caranya kamu tinggal ikuti langkah berikut :

Step 1 - Masuk ke menu VPN seperti pada langkah nomor 4 diatas. Nanti akan tampil profil yang sebelumnya kita buat.

Step 2 - Tap pada profil vpn yang telah kamu buat lalu tunggu sampai vpn terkoneksi dengan benar, cirinya pada bar status akan muncul gambar kunci.


Selesai! Smartphone Android kamu sekarang sudah teknokeksi dengan VPN dan siap digunakan untuk browsing dan berselancar di dunia maya dengan aman.

Bagaimana Cara Disconnect?
Seperti sebelumnya, untuk memutuskan sambungan vpn juga kurang lebihnya sama saja caranya, yaitu:

  1. Masuk ke Settings
  2. Pilih More
  3. Masuk ke VPN
  4. Tap profil VPN service yang sedang kamu gunakan
  5. Kemudian pilih Disconnect

Mudah sekali bukan cara setting dan konek VPN di Android? Jika artikel ini bermanfaat, bantu kami dengan share artikel ini. Selamat mencoba

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Setting dan Menggunakan VPN Bawaan HP Android"

Post a Comment