Cara Mudah Mengganti Template Blogspot Melalui Hp Android

Dalam kesempatan kali ini Bang Nawox akan sedikit barbagi tutorial Bagaimana cara mengganti template/tema blogspot dengan Hp android. Ternyata untuk menggantinya tidak se-sulit yang kita kira, dulu saat saya belum mengetahuinya saya sering bolak balik ke warnet kalo mau mwngganti template tapi setelah mengetahui cara menggantinya lewat smartphone sekarang dengan mudah bisa menyesuaikan template blogspot semau saya.

Bagi kalian yang belum tahu apa itu template? Maka jawabanya adalah salah satu file atau Dokumen yang keberadaanya sangat diperlukan dalam pembuatan sebuah blog. Untuk seorang webmaster menguasai pembuatan template itu adalah keperluan yang harus dikuasai sebelum memulai membuat blog itu sendiri. Namun untuk kita yang hanya seorang pengguna maka kita tidak perlu ahli untuk membuat templat yang penting kita tahu kode kode Html saja untuk memulai ngeblog.

Seperti yang telah kita ketahui, ketika kita pertama kali membuat blog di blogspot milik google kita disediakan beberapa templat milik blogger. Namun, terkadang template yang di sediakan oleh blogger tidak begitu enak di pandang dan kurang menarik perhatian pengunjung sehingga visitor blog enggan berlama" di blog kita. Nah karena hal inilah kita perlu memilih templat yang bagus, responsif, dan tentu yang seo friendly, untuk mendapatkannya kamu bisa mencarinya langsu di Google atau bisa juga Disini.

Cara memilih template yang baik

Carilah template yang menurutmu bagus dan menarik untuk kamu maupun minat para pengunjung blog kamu. Seperti yang telah saya tuliskan dia atas untuk mendapat templat yang bagus kamu bisa langsung mengetikan kata kunci " template blogger responsif, templat seo friendly, templat responsif terbaru" langsung di Google dan nantinya kamu akan mendapati situs-situs penyedia templat baik yang gratis maupun yang berbayar.

Catatan: perlu kalian perhatikan, pilihlah template yang dirasa yakin paling baik agar ketika kamu memasangnya kamu tidak menggantinya selama beberapa bulan, karena blog yang suka gonta ganti template akan sulit di index/terdetesi oleh mesin pencari seperti Google dan Bing.

Template Responsive

Template Responsive adalah template yang di desain untuk menyesuaikan pada beberapa resolusi layar. Maksudnya begini, templat responsive dapat berubah-ubah sesuai resolusi layar yang kalian gunakan, artinya ketika kalian mengakses melalui komputer yang resolusi layarnya 1 atau 7 maka yang tampil 2 kolom dan apabila kalian mengaksesnya melalui smartphon maka akan tampil 1 kolom.

Intinya template responsive adalah sebuah alternatif untuk membuat situs menjadi  fleksibel untuk semua perangkat, Seperti pada smartphone, tablete dan lainnya. 

Template SEO Friendly

Memiliki template yang SEO friendly tentunya akan mempengaruhi terhadap search engine yang dimiliki dan untuk mendapatkan tempat seo friendly sakarang sudah banyak bertebaran di banyak situs yang bisa kalian cari dengan mengetikan kata 'seo template'. Kebanyakan penyedia seo template untuk blogspot dengan fitur yang lengkap itu berbayar, namun jangan hawatir banyak juga yang versi gratisnya untuk para pemula seperti kita yang belum bisa membeli template premium dengan menyertaka kredit/hak milik pembuat dengan fitur yang gak kalah baik dengan versi pro nya. 

Cara mengganti template blogspot menggunakan hp Android

Berikut ini merupakan cara mengganti template lewat HP Android, sebelum telah saya sindir bahwa mamasang ataupun mengganti tamplate melalui android itu mudah, asalkan kalian sediakan dulu bahan dan alat yang kalian butuhkan untuk menerapkanya. Bahan yang perlu kalian siapkan sebagai berikut.

1. Pasang aplikasi File Manager yang bisa meng ekstrak file zip atau rar,  jika kalian belum punya kalian bisa mendownloadnya di Play Strore atau Disini.


2. Download template yang kamu sukai di Google atau Anda bisa langsung mendownloadnya Disini.

3. Buka file manager yang sudah kalian instal dan cari template yang telah kalian unduh untuk kemudian kalian Ekstrak. 



4. Setelah mengekstraknya kalian buat folder baru dengan nama sesuka kalian seperti 'template' untuk menyalin atau memindah file templatenya.

5. Kemudian masuk ke folder hasil ekstrak an tadi dan cari file yang berformat " .xml " dan pindahkan ke folder template yang kalian buat tadi.



Setelah kalian selesai mengekstrak dan memindahkan filenya, selanjutnya kita masuk ke cara pemasangan templat itu ke blogger. Simak dan lakakan langkah demi langkah sebagai berikut.

1. Pertama masuk ke dashboard blogger kalian, bisa di akses melalui https://www.blogger.com selanjutnya kalian pilih "Tema" yang terdapat di deretan menu sebalah kiri. Lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah ini.



2. Setelah masuk di halaman tema, kalian akan melihat pilihan "Backup / Pulihkan" yang terletak di pojok atas sebelah kanan,.

3. Selajunya akan tampil pop-up yang berisikin pilihan sebagai berikut: Backup/Download tema, Pilih file, Upload, dan Tutup. Silahkan kalian tekan 'Choose file/pilih file' untuk meng-upload template.



4. Setelah kalian meng klik tombol pilih file, maka secara otomatis blogger akan masuk ke file yang tersedia di perangkat kalian. Nah untuk selanjutnya kalian tinggal cari dan pilih " template.xml " yang sudah kalian simpan di folder " template ".  Lebih jelasnya kaya di gambar ini.



5. Dan yang terakhir setelah berhasil memilib filenya sekarang kalian tinggal menekan tombol upload dan tunggu sampai selesai.

Kalian akan melihat perubahan tema secara langsung di halaman tema ini. Untuk melihat hasil jelasnya kalian bisa mengeceknya dengan melihat blog kalian sendiri.

Oke mungkin itu saja yang bisa saya bagikan dalam postingan yang bejudul " cara mudah mengganti template blogspot melalui hp android. Bila ada yang kurang jelas dalam artikel ini bisa kalian tanyakan melalui komentar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Mengganti Template Blogspot Melalui Hp Android"

Post a Comment