Cara Membuat Blog dan Artikel Cepat Terindex Oleh Google

Selamat datang dan selamat berkunjung di blog ini, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi tutorial mengenai cara membuat blog dan artikel cepat terindex oleh Google. Sebenarnya untuk mendapatkan index dari google itu mudah asalkan kita tahu bagaimana mengatur website kita mudah dipahami oleh mesin telusur seperti Google .

google index

Oke sebelum memulai akan lebih baik jika sobat mengetahui bagaimana sebuah blog atau artikel baru dapat terindex di google. Untuk mengetahui sebuah blog atau website telah terindex oleh google atau tidak sobat bisa menuliskan seperti contoh site:contoh.blogspot.com pada pencarian google. di situ sobat akan melihat blog sobat telah diindex atau belum.

Untuk sebuah blog/website di butuhkan 1-3 hari untuk dapat terindex atau muncul di hasil penelusuran googl. tapi ada kalanya sebuah blog baru dapat di index oleh google namun membuatuhkan waktu hingga 1 - 2 minggu yang membuat jenuh pemiliknya.

Karena hal itulah saya mencoba menulis artikel ini walaupun sudah umum, tapi apa salahnya berbagi pengalaman apa lagi untuk sobat yang baru dalam dunia blogging namun memiliki ke inginan agar blog nya cepat terindex mesin telusur/google. Berikut ini cara memaksimalkan blog kamu agar cepat terindex di google.

Setting robot.txt blogger

Masuk ke blogger >> pilih blog >> pilih menu setelan >> pilih preferensi penelusuran. di halaman ini sobat akan melihat beberapa setting/pengaturan untuk memaksimalkan blog sobat muncul di mesin telusur, langsung saja sobat mengarah ke robot.txt untuk mengaktifkan robot.txt khusus

mengatur robot.txt

Salin kode di bawah lalu tempelkan pada kolom edit robot.txt

User-agent: Mediapartners
Allow: /
User-agent: Googlebot-News
Allow: /
User-agent: Mediapartners-Google
Allow: /
User-agent: Adsbot-Google
Allow: /
User-agent: Googlebot-Image
Allow: /
User-agent: Googlebot-Mobile
Allow: /
User-agent: Googlebot
Allow: /
User-agent: Slurp
Allow: /
User-agent: bingbot
Allow: /
User-agent: MSNBot
Allow: /
User-agent: Baiduspider
Allow: /
User-agent: Baiduspider-image
Allow: /
User-agent: YoudaoBot
Allow: /
User-agent: Sogou web spider
Allow: /
User-agent: *
Disallow: /search?updated-min=1
Disallow: /search?updated-max=500
Disallow: /search/label/*?updated-min=1
Disallow: /search/label/*?updated-max=500
Allow: /
Sitemap: http://contoh.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=updated

jangan lupa untuk merubah contoh.blogspot.com dengan nama blog anda.setelah selesai kita masuk ke tahap setting selanjutnya yaitu mengatur Tag tajuk robot khusus.Samakan tag tajuk blog sobat seperti gambar pengaturan di bawah ini.

mengatur tag tajuk

setelah selesai melakukan setting robot dan tag tajuk langkah selanjutnya adalah menambahkan blog sobat di google webmasters caranya kunjungi http://www.google.com/webmasters. setelah masuk di halaman google webmaster selanjutnya sobat tambah situs blog yang mau di tambahkan.

sekarang blog yang anda buat sudah terdaftar di google webmaster.perlu sobat ketahui bahwa menambahkan blog dari blogger di webmaster jauh lebih mudah di bandingkan menambahkan blog wordpress.

Langkah selanjutnya adalah menambahkan sitemap, caranya pilih menu perayapan >> peta situs selanjutnya tambahan peta situs dengan memasukkan feeds/posts/default?orderby=updated di bagian atas sebelah kiri pada halaman webmaster.

Untuk membuat artikel baru yang sobat buat cepat mendapat index dari google sobat bisa mengikiti cara berikut.

  1. Buat artikel baru lalu publikasikan
  2. Buka google webmaster
  3. Pilih menu perayapan/crawl
  4. pilih submenu Ambil sebagai Google/fetch as google
  5. Masukan link postingan  seperti contoh mempercepat-blog-terinde-google.html 

    fetch as google webmaster
  6. Klik fetch atau fetch and render
  7. Selanjutnya klik tombol request indexing lalu pilih Go

    request indexing webmaster
  8. Selesai


untuk memastikan artikel sobat sudah di index oleh google silahkan sobat search url situs sobat melalui google.

Demikianlah informasi yang dapat saya bagikan, semoga artikel ini bisa sedikit membantu sobat untuk mengatasi blog maupun artikel yang belum terindex oleh mesin pencari. sekian dari saya sampai ketemu di postingan saya berikutnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Blog dan Artikel Cepat Terindex Oleh Google"

Post a Comment